:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Selasa, 31 Juli 2012

Radio Suara Ramadhan : Liputan Khusus Badminton Ramadhan Cup

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Sebagai wujud komitmen dalam memberikan informasi kepada Ramadhanist, sebutan pendengar Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz, sejak dibukanya Turnamen Badminton Ramadhan Cup I beberapa hari yang lalu (Rabu, 25 Juli 2012,admin), Radio Komunitas ini selalu memberikan liputan khusus dari arena turnamen.

Direktur Siar Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz, DJ OI menjelaskan bahwa liputan ini dimaksudkan untuk mendukung terselenggaranya Turnamen Badminton yang diadakan Unit Kegiatan Masjid (UKM) Al Hikmah Toyan yaitu AHITO Badminton Club. “Supaya pendengar tahu dan bisa terus memantau perkembangan turnamen yang ada,” kata OI.

Adapun agenda liputan meliputi informasi skoring hasil pertandingan dan siaran langsung (live) dari arena pertandingan yang dipandu langsung oleh DJ Kriwil. Karena pelaksanaan pertandingan dijadwalkan pada pukul 22.00 WIB sampai dengan selesai, OI menjelaskan bahwa liputan khusus tersebut diselipkan pada acara Ramadhan Show.

Kegiatan liputan seperti ini bukanlah hal baru bagi Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz. Pada tahun-tahun sebelumnya juga telah dilaksanakan hal serupa yaitu pada waktu acara buka bersama dan Kajian Silaturahim Remaja, Pengajian Pra Ramadhan, Nuzulul Quran serta Khataman Qur’an. “Namun untuk kegiatan olahraga memang baru pertama kali ini dilakukan”, jelas Iman, nama asli DJ OI.

Lebih jauh OI berharap, bahwa apabila ada rekan-rekan Remaja Islam Masjid yang berkeinginan untuk menginformasikan kegiatan yang dilakukan di lingkungan masjidnya selama Ramadhan dapat menghubungi kru yang ada di Studio I Radio Komunitas Suara Ramadhan, Komplek Masjid Al Hikmah Toyan.

Semoga apa yang dilakukan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Ramadhanist, katanya sambil tersenyum. Aamiin, Semoga. *[adm]

Referensi : Radio KSR | On Air Tahun Ke-8 | Kajian Silaturahim Remaja | Nuzulul Qur’an

Selengkapnya → Radio Suara Ramadhan : Liputan Khusus Badminton Ramadhan Cup

Senin, 30 Juli 2012

Senyum : Refleksi 10 Hari Pertama Ramadhan 1433 HijriyahSalah satu agenda Semarak Ramadhan 1433 Hijriyah diantaranya kuliah subuh. 30 Juli 2012, salah satu pembicara, Drs. Ambar Jazil Was’an merefleksi tentang puasa yang sudah kita lakukan selama 10 hari pertama.

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Salah satu agenda Semarak Ramadhan 1433 Hijriyah diantaranya kuliah subuh. 30 Juli 2012, salah satu pembicara, Drs. Ambar Jazil Was’an merefleksi tentang puasa yang sudah kita lakukan selama 10 hari pertama.

”10 (sepuluh) hari pertama ini adalah tahapan pelimpahan rahmat,” kata Jazil. Dalam kesempatan tersebut Jazil juga mengajak kepada jamaah yang hadir, bahwa hari-hari disisa ramadhan harus diisi dengan peningkatan amalan, baik wajib maupun sunnah.

Lebih lanjut, dalam puasa biasanya banyak hal kecil yang seringkali tidak sadar dilakukan, padahal hal tersebut akan merusak pahala puasa. Hal tersebut diantaranya membicarakan orang lain, menggunjing, dan berbicara yang tidak ada gunanya, serta perkataan yang dapat membuat tersinggung/marah, atau bahkan marah itu sendiri.

Idealnya, puasa diisi dengan kesabaran, karena esensi puasa adalah menahan. Salah satunya adalah menahan marah. ”Jangan suka mengumbar marah, senyum/tertawalah, karena hal itu dapat menyebabkan awet muda,” ungkap Jazil.

Sementara itu senyum/tertawa dapat digolongkan dalam kategori shodaqoh, tentu senyum/tertawa yang tepat waktu dan tidak dilakukan sembarang tempat. Menurut ilmu kesehatan, senyum dapat mengeluarkan salah satu hormon dalam tubuh yang dapat menyehatkan. Horman itu juga dapat keluar ketika kita sedang shalat.

Umat Islam yang mempunyai ajaran tersebut seringkali mengabaikan dan melupakan hal itu. Konsep senyum yang ada dalam Islam itu justru diambil dan dipakai oleh kaum liberalis, kapitalis, non muslim. Contohnya di bank dan dinegara barat. Di Bank, senyum adalah Standar yang harus dilakukan dalam melayani customer, karena menurut penelitian hal tersebut akan sangat berpengaruh pada omzet dari bank itu sendiri.

”Kalo dalam keseharian selama ini belum ada senyum yang menghias wajah kita, mari jadikan ramadhan ini untuk berlatih senyum,” ajak Jazil. Senyum melatih tidak boleh marah, sehingga setelah Ramadhan usai, tetap ada senyum yang mengembang di dari bibir kita.

Sikap istiqomah dalam mempersaksikan diri atas ramadhan, memang tidak mudah dijalani. Mari Bismillah, persiapkan diri menghadapi hari-hari selanjutnya dibulan suci ini. *[adm]

Referensi : 10 Hari Pertama Ramadhan 1432 H

Selengkapnya → Senyum : Refleksi 10 Hari Pertama Ramadhan 1433 HijriyahSalah satu agenda Semarak Ramadhan 1433 Hijriyah diantaranya kuliah subuh. 30 Juli 2012, salah satu pembicara, Drs. Ambar Jazil Was’an merefleksi tentang puasa yang sudah kita lakukan selama 10 hari pertama.

Kabar Dari Arena Badminton Ramadhan Cup I Ramadhan 1433 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Setelah secara resmi dibuka pada Rabu, 25 Juli 2012, secara berturutan dengan jadwal mempertandingkan 3 (tiga) partai setiap malamnya, Turnamen Badminton semakin dekat ke partai puncak.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bahwa turnamen yang baru pertama kali ini dilakukan ini diikuti oleh 24 (dua puluh empat) pasang peserta yang berasal dari 15 masjid dan musholla di wilayah Wates Selatan.

Guntur Tri Cahyo, Ketua Panitia Turnamen yang ditemui admin Ahad, 29 Juli 2012 menjelaskan bahwa dengan adanya 3 pertandingan setiap malam, berarti sampai dengan Sabtu Malam sudah 12 partai dipertandingkan.

Mulai hari Ahad nampaknya pertandingan akan semakin ketat dan menarik. Banyak peserta yang telah berguguran di partai-partai awal. Seperti jadwal yang telah disusun partai pertama akan dipertandingkan mulai pukul 22.00 WIB. Dan sedianya akan selesai pada tanggal 3 Agustus 2012.

Lebih jauh Guntur menjelaskan bahwa pada setiap malamnya juga dibagikan sejumlah door price. Baik untuk peserta yang kalah sebagai wujud terima kasih maupun untuk penonton yang telah setia dan berkenan hadir meramaikan turnamen.

Guntur juga menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada para sponsor yang telah memberikan dukungan baik dana maupun door price lain, diantaranya Panut Motor, Mondol Motor, Mie Ayam Pawon, Sate Cak Ahmad, Angkringan Widadi, Menolele, Vanz Net, Paidi Sepatu Sport, Kentus Bakery, Toyan Cell, Isya Phone, Rumah Mode Toyan, Tarjo Tempura, PPSI (Panitia Penyelenggara Shalat Ied) Jembatan Timbang, Takmir Masjid Al Hikmah Toyan, dan Radio Komunitas Suara Ramadhan yang selalu memberikan dukungan informasi.

Tak lupa, Guntur juga mendorong rekan-rekan panitia untuk tetap semangat dalam mensukseskan turnamen ini. Dia sendiri tak menyangka, turnamen yang baru pertama kali ini dilakukan, disambut secara antusias oleh masjid dan musholla yang diundang. Keraguan yang diawal sempat hinggap akhirnya terjawab. Paling tidak sampai dengan Ahad, 29 Juli 2012 penyelenggaraan bisa dianggap sukses dan tanpa kendala berarti. *[adm]

Referensi : Ramadhan Cup I Resmi Dibuka | Jelang Turnamen

Selengkapnya → Kabar Dari Arena Badminton Ramadhan Cup I Ramadhan 1433 Hijriyah

Minggu, 29 Juli 2012

Radio Suara Ramadhan : Pilih Dakwah Melalui Radio Komunitas

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Kamis, 26 Juli 2012 nampaknya menjadi hari yang memberikan suntikan semangat tersendiri bagi seluruh kru Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz. Pasalnya pasal hari itu, Radio Komunitas yang sudah 8 Tahun mengudara itu mendapat kesempatan untuk masuk di Harian Tribun Jogja.

Seperti diberitakan Harian Tribun Jogja Kamis, 26 Juli 2012 halaman 15 Lailatu Al Qadar pada bagian paling bawah diberitakan bahwa Radio Komunitas Suara Ramadhan yang mengudara pada frekuensi 88 MHz hadir kembali di Ramadhan 1433 Hijriyah ini.

Sebagaimana diberitakan pada harian tersebut, Radio Komunitas ini hadir sebagai bagian dari sarana menjalin silaturahim bagi jamaah masjid yang ada di wilayah pantauan dengar, sarana berbagi informasi dan tips seputar ramadhan serta request lagu serta berkirim salam.

Terkait berita tersebut, DJ Kriwil salah satu penyiar/DJ Radio Komunitas Suara Ramadhan mengaku gembira dan bangga. “Alhamdulillah, seneng rasanya Radio ini bisa menjadi salah satu berita di sana, walaupun itu bukan tujuan awal,” kata Kriwil. Sementara itu DJ OI, mengatakan bahwa berita yang dimuat tersebut memberikan suntikan semangat tersendiri bagi seluruh kru tanpa terkecuali untuk selalu meningkatkan kualitas siaran dan memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi pendengarnya.

Lebih lanjut, Manager Radio Komunitas Suara Ramadhan, Sri Agung mengatakan bahwa berdirinya Radio ini selain digunakan sebagai syiar, ajang silaturahim juga dapat digunakan sebagai ajang mengasah kemampuan verbal bagi rekan-rekan Remaja Islam Masjid yang ada. Agung juga berharap bahwa keberadaan Radio Komunitas Suara Ramadhan yang telah berjalan selama 8 Tahun tersebut dapat terus diterima dalam setiap datangnya Bulan Suci Ramadhan sesuai jargon “Jadikan Ramadhan Lebih Bermakna”. Aamiin. *[adm]

Referensi : Radio KSR| On Air Tahun Ke-8 | E-Paper Tribun Jogja

Selengkapnya → Radio Suara Ramadhan : Pilih Dakwah Melalui Radio Komunitas

Kamis, 26 Juli 2012

Turnamen Badminton Ramadhan Cup I Resmi Dibuka

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Suasana tak biasa tampak di komplek Masjid Al Hikmah Toyan pada Rabu, 25 Juli 2012 bakda Shalat Tarawih dan Tadarus Quran. Kurang lebih pukul 20.30 WIB halaman selatan masjid telah ramai dengan jamaah, tidak hanya dari Al Hikmah tapi dari masjid-masjid disekitarnya.

Pasalnya pada malam itu akan dilaksanakan pembukaan Turnamen Badminton Ramadhan Cup I di Lapangan Badminton, Komplek Masjid Al Hikmah Toyan. “Ini kegiatan Ramadhan Cup yang pertama kali dilakukan, namun antusias peserta dan penonton sangat bagus,” kata Wildan, salah satu jamaah masjid. Selanjutnya, Wildan berharap bahwa penyelenggaraan turnamen seperti ini agar menjadi agenda rutin pada waktu Bulan Suci Ramadhan.

Kegiatan sendiri diawali pada pukul 21.00 WIB dengan pertandingan eksibisi yang diikuti oleh Takmir Masjid Al Hikmah Toyan. Partai ini sendiri digagas dan dilaksanakan sebagai upaya untuk memotivasi peserta dan generasi muda untuk tetap semangat dan menjaga sportifitas.

Acara dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang sebelumnya dibacakan laporan penyelenggaraan oleh Kusuma Dwi. Hadir dari Takmir Masjid, Drs. Jazil Ambar. Dalam sambutannya Ambar, yang juga Camat Nanggulan. Itu berharap agar kegiatan ini dijadikan ajang silaturahim, membina persahabatan.

”Kemenangan bukan tujuan utama. Siapa yang belum berhasil, harus tetap berjuang dan berlatih guna pertandingan-pertandingan selanjutnya,” imbuhnya. Lebih lanjut, Ambar bahwa diakhir Ramadhan, tugas rutin yang juga harus dipersiapkan dan dilaksanakan adalah Penyelenggaraan Shalat Ied di Jembatan Timbang Kulwaru.

Kusuma, Salah satu panitia penyelenggara mengatakan bahwa selain partai eksibisi, malam tersebut akan dipertandingkan 3 partai. Beberapa door price juga telah dibagikan, diantaranya kartu perdana HP. Pertandingan malam hari tersebut juga dipancarkan melalui Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz. *[adm]

Referensi :RKSR | Ahito Badminton Club | Jelang Turnamen

Selengkapnya → Turnamen Badminton Ramadhan Cup I Resmi Dibuka

Rabu, 25 Juli 2012

Dekati Turnamen Badminton Ramadhan Cup, Panitia Adakan Technical Meeting

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Setelah beberapa hari dilaksanakan pendaftaran Turnamen Ramadhan Cup, akhirnya Selasa, 24 Juli 2012 Pukul 21.30 WIB dilaksanakan Technical Meeting untuk acara tersebut. Kegiatan diikuti seluruh peserta turnamen di Serambi Masjid Al Hikmah Toyan.

Dalam Technical Meeting yang dipimpin Ketua Panitia Turnamen, Guntur Tri C tersebut, dijelaskan beberapa aturan main yang harus dilaksanakan oleh seluruh peserta dalam setiap pertandingan. Pertandingan sendiri akan menggunakan sistem gugur dan rely point dalam penilaiannya.

Turnamen diikuti oleh 24 pasang pemain untuk kategori SMA keatas. “Alhamdulillah, sampai malam ini, peserta yang sudah mendaftar sejumlah 24 pasang”, kata Bledek, sapaan akrap Guntur.

Untuk Juara 3 besar akan mendapatkan hadiah dan uang pembinaan. Sementara itu dalam kegiatan tersebut juga akan dibagikan banyak doorprice. Beberapa pengusaha yang juga merupakan jamaah Masjid Al Hikmah Toyan telah dihubungi dan siap memberikan dukungannya untuk kegiatan tersebut, diantaranya kupon makan sate ayam, mie ayam, service gratis, cuci motor gratis, angkringan, kartu HP perdana.

Kegiatan malam tersebut dilanjutkan dengan persiapan, diantaranya ceking banner publikasi, penyusunan bagan pertandingan, papan skoring, pembagian wasit, penyusunan jadwal dan agenda lain terkait pelaksanaan kegiatan turnamen tersebut.

Sedianya malam ini (25 Juli 2012, admin), akan dilangsungkan pertandingan perdana untuk turnamen tersebut. Dan kalau dimungkinkan akan dilaksanakan partai eksibisi yaitu dari Takmir Masjid. Semoga lancar dan junjung tinggi sportifitas. *[adm]

Referensi : Jelang Turnamen | Ramadhan

Selengkapnya → Dekati Turnamen Badminton Ramadhan Cup, Panitia Adakan Technical Meeting

Kajian Silaturahim Remaja 1433 Hijriyah #1

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Salah satu agenda rutin Remaja Islam Masjid (Rismas) Al Hikmah Toyan yang biasa dilaksanakan selama Ramadhan adalah kajian remaja. Pada kesempatan pertama ini, Rismas Al Hikmah Toyan (Ahito) melaksanakan kunjungan ke Masjid Nurul Huda, Sanggrahan Kidul.

Dengan kekuatan 40 orang, kurang lebih pukul 16.00 WIB, rombongan dari Al Hikmah yang dipimpin Ketua Rismas, Andi Yahya, bertolak ke Masjid Nurul Huda, Sanggrahan Kidul. Rombongan dari toyan sendiri terdiri dari Remaja Islam Masjid, Santri Taman Pendidikan Al Qur’an, dan beberapa orang dari Musholla Al Himmah Dayon yang diundang untuk turut serta dalam kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, pembicara yang merupakan mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) mengajak jamaah yang hadir untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan selama bulan suci ramadhan.

Ramadhan adalah salah satu sarana introspeksi diri. ”Sebagai manusia tempat salah dan lupa, kita harus mau mengakui kesalahan”, jelasnya. Mau mengakui kesalahan adalah sesuatu yang luar biasa. Tidak semua orang mau dan mampu mengakui kesalahan. Terlebih meminta maaf atas kesalahan yang telah dilakukan.

Dengan kesalahan yang ada, hendaknya kita harus bersegera mengakui kesalahan dan sebisa mungkin, meminta maaf serta memperbaiki kesalahan yang telah kita perbuat. Kegiatan diakhiri dengan buka puasa bersama. Yanuar, salah satu Rismas Ahito mengatakan bahwa, kegiatan sore ini sangat ramai dan diikuti secara antusias oleh jamaah yang hadir. Lebih lanjut Yanuar berharap bahwa kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara rutin, tak hanya selama ramadhan tapi diluar ramadhan. Semoga, aamiin. *[adm]

Referensi : Kajian Silaturahim Remaja 1432 H #1

Selengkapnya → Kajian Silaturahim Remaja 1433 Hijriyah #1

Selasa, 24 Juli 2012

Santriwan Taman Pendidikan Alqur’an : Saatnya Pembagian Tabungan

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Setelah menabung kurang lebih 1 (satu) tahun, sejak pasca Ramadhan 1432 Hijriyah, Senin, 23 Juli 2012, Santriwan/wati Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Al Hikmah Toyan boleh berbahagia dan berbangga, karena pada hari tersebut uang yang selama ini mereka tabung dibagikan.

Rasa gembira tak dapat ditutupi, tampak raut muka santriwan/wati. Direktur Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA), Sri Agung menjelaskan bahwa, tabungan santriwan/wati sengaja dibagikan pada awal ramadhan. Hal ini dikarenakan permintaan sebagian wali santri yang menginginkan agar tabungan dibagikan jauh hari sebelum ramadhan.

Agung menyambut baik permintaan wali santri tersebut. Dengan adanya pembagian tabungan santriwan.wati Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) diawal ramadhan, memungkinkan ustadz/ah lebih fokus pada pembelajaran dan penyampaian materi selama ramadhan. Selain hal tersebut, ustadz/ah yang sebagian merupakan Remaja Islam Masjid (Rismas) Al Hikmah Toyan, dimungkinkan dapat lebih membantu anggota Rismas yang lain dalam kegiatan yang berbeda.

”Untuk tahun ini, tabungan yang dibagikan sejumlah Rp. 9.663.500,- yang dibagikan kepada 56 santriwan/wati”, kata Agung. Sedangkan santriwan/wati yang tidak menabung diharapkan tidak berkecil hati. Masih ada tahun yang akan datang untuk bisa menabung, karena program menabung di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) AL Hikmah Toyan ini akan dilaksanakan sepanjang tahun, lanjut Aan, panggilan Direktur TPA Al Hikmah Toyan tersebut.

Aan berharap bahwa tabungan yang telah diberikan, dapat digunakan untuk hal yang bermanfaat dan tidak digunakan semuanya dibelanjakan untuk hal yang bersifat konsumtif. *[adm]

Referensi : Pembagian Tabungan 1431 H | Pembagian Tabungan 1432 H

Selengkapnya → Santriwan Taman Pendidikan Alqur’an : Saatnya Pembagian Tabungan

Senin, 23 Juli 2012

Jelang Turnamen Ramadhan Cup, Lapangan Badminton Marak

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Jelang Turnamen Badminton Ramadhan Cup yang akan dilaksanakan untuk pertama kalinya pada Bulan Suci Ramadhan di Masjid Al Hikmah Toyan, beberapa malam ramadhan ini lapangan badminton tampak ramai dan marak oleh Remaja Islam Masjid (Rismas), bukan saja dari Al Hikmah Toyan namun dari beberapa masjid sekitar.

Sebenarnya, rasa pesimis tampak dari beberapa anggota Remaja Islam Masjid (Rismas) Ahito ketika gagasan tentang Turnamen Badminton Ramadhan Cup I ini dilontarkan. Ada kekhawatiran tentang antusiasme dari Remaja Islam Masjid (Rismas) dari masjid yang akan diundang mengikuti turnamen tersebut.

Tapi dengan keyakinan yang ada dari beberapa Rismas Ahito akhirnya rencana pun ditindaklanjuti. Beberapa hari menjelang Ramadhan 1433 Hijriyah, tepatnya Sabtu, 14 Juli 2012 bersamaan dengan persiapan akhir jelang ramadhan, Rismas kembali memantapkan hati untuk mengadakan Badminton Ramadhan Cup I ini.

Guntur Tri Cahyo yang dalam kepengurusan Rismas bertindak sebagai Kepala Bidang Olahraga Seni dan Budaya Unit Ahito Badminton Club, mengatakan bahwa Pamplet pengumuman telah disebarkan ke 15 Masjid yang ada diseputaran Wates Selatan. Harapanya target 30 peserta dari luar Ahito dapat terpenuhi jika masing-masing Rismas mengirimkan 2 pasang peserta.

“Format pertandingan pun telah dirancang, yaitu dengan sistem relypoint dan sistem gugur”, katanya. Beberapa hari ini akan dilaksanakan pendaftaran untuk selanjutnya akan dilaksanakan technical metting dan dilanjutkan dengan pertandingan.

Untuk hadiah sendiri direncanakan akan diambil juara 3 (tiga) besar dengan hadiah itik (menthok, jawa, admin) dan uang pembinaan. Dengan hadiah yang sederhana tersebut diharapkan tidak mengurangi animo dan antusiasme dari peserta untuk mengikuti turnamen tersebut.

Semoga Turnamen Badminton Cup I yang diadakan tahun ini dapat berjalan sukses dan bisa menjadi ajang silaturahim bagi Rismas yang ada. Aamiin. *[adm]

Referensi : Ahito Badminton Club | Profil Masjid

Selengkapnya → Jelang Turnamen Ramadhan Cup, Lapangan Badminton Marak

Minggu, 22 Juli 2012

20 Juli 2012 Al Hikmah Toyan Mulai Laksanakan Tarawih

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Tak seperti biasanya dimana lingkungan masjid kelihatan sepi bakda Shalat Maghrib, Kamis, 19 Juli 2012, suasana berbeda tampak di Komplek Masjid Al Hikmah Toyan. Suasana ramai bahkan sudah tampak menjelang Shalat Isya.

”Insya Allah Jumat, 20 Juli 2012 kita akan memasuki 1 Ramadhan 1433  Hijriyah, sehingga malam ini akan dilaksanakan Shalat Tarawih berjamaah”, kata beberapa jamaah yang sudah tampak hadir. Sebagaimana biasanya, kegiatan Ramadhan diawali dengan Shalat Isya berjamaah yang kemudian dilanjutkan dengan Shalat Tarawih perdana.

Bakda Shalat Isya berjamaah, kegiatan dilanjutkan dengan Tausyiah Kultum (Kuliah Tujuh Menit). Kultum disampaikan oleh Remaja Islam Masjid (Rismas) dan beberapa Santri Taman Pendidikan Al Qur’an baik putra maupun putri. Format Kultum memang dimaksudkan untuk melatih keberanian dari Santri TPA maupun Rismas. Namun demikian, kultum yang disampaikan tersebut juga diharapkan mempunyai esensi dalam memberikan ilmu dan pengertian kepada jamaah yang hadir.

Sementara itu, Kultum edisi perdana pada kesempatan malam tersebut disampaikan oleh Ketua Takmir Masjid, Drs, Slamet Riyadi. Dalam Kultumnya Slamet mengingatkan jamaah Shalat Tarawih untuk memakmurkan masjid di Bulan Mubarrak ini. ”Banyak keutamaan yang bisa diraih selama bulan ini, pintu surga dibuka dan pintu akhirat ditutup”, jelasnya.

Lebih lanjut, Slamet memberikan beberapa informasi tentang beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di Masjid Al Hikmah Toyan dan diharapkan semua unsur yang ada yaitu semua Unit Kegiatan Masjid untuk bersinergi mendukung semua program dan yang sudah dicanangkan dan direncanakan.

Bakda Kultum dilaksanakan Shalat Tarawih dan Witir 11 Rakaat. Kegiatan dilanjutkan dengan Tadarus Al Quran. *[adm]

Referensi : Kultum Latih Keberanian | Tarawih Perdana 1432 H

Selengkapnya → 20 Juli 2012 Al Hikmah Toyan Mulai Laksanakan Tarawih

Tahun Ke-8 On Air Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 Mhz

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Tepat pada Kamis, 19 Juli 2012 bakda Shalat Tarawih kurang lebih pukul 20.30 WIB, Radio Komunitas Suara Ramadhan (RKSR) secara resmi mengudara pada Ramadhan 1433 Hijriyah ini.

Direktur Siar, Iman atau yang biasa dipanggil DJ OI mengatakan, bahwa malam ini adalah On Air perdana di tahun ini. Dengan perangkat siar yang lebih baik dan jangkauan siar yang lebih jauh diharapkan dapat memanjakan ruang dengar dan dapat menjadi teman selama ramadhan di setiap malamnya.

Lebih jauh Iman menjelaskan bahwa Radio Komunitas Suara Ramadhan (RKSR) atau lebih dikenal dengan Radio Toyan ini tetap mengudara di frekuensi 88 MHz. Kegiatan on air sendiri sudah memasuki penyelenggaraan di tahun yang ke-8. Tampak hadir dalam kesempatan tersebut penyiar RKSR diantaranya DJ OI, DJ Apang, DJ Kriwil.

Beberapa Remaja Islam Masjid (Rismas) malam tersebut juga nampak sibuk meengedarkan pamplet dibeberapa masjid diseputaran Wates Selatan. ”Walau RKSR, sudah setiap tahun mengudara, namun pamplet dirasa perlu diedarkan sebagai upaya publikasi”, kata DJ Apang, Manager RKSR.

DJ Kriwil salah satu penyiar RKSR menjelaskan, beberapa lagu baru sudah masuk playlist. Bahkan pada komputer sudah dipasang hard disk tambahan sebagai upaya menambah ruang simpan untuk file mp.3 yang ada, kata Kriwil.

”Sekarang ini banyak sekali lagu-lagu baru yang mengharuskan kita mendownload lagu tersebut apabila terdapat request lagu dari pendengar RKSR”, lanjut Kriwil. Hari-hari kedepan playlist yang ada akan senantiasa diperbaharui untuk memuaskan request yang ada.

Semoga dengan adanya RKSR pada tahun 1433 Hijriyah ini, dapat menjadi sarana silaturahim dari masjid-masjid yang ada. Informasi seputar kegiatan ramadhan dapat di-share kepada semua pendengar yang ada. Aamiin. *[adm]

Referensi : RKSR | Uji Coba Siar 1433 Hijriyah

Selengkapnya → Tahun Ke-8 On Air Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 Mhz

Sabtu, 21 Juli 2012

Tausyiah Sambut Ramadhan 1433 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, menyambut Ramadhan Mubarrak tahun 1433 Hijriyah, Keluarga Besar Masjid Al Hikmah Toyan menyambut Ramadhan dengan pengajian akbar pada Selasa, 17 Juli 2012.

Selain dihadiri oleh jamaah Masjid Al Hikmah Toyan, kegiatan pengajian akbar juga dihadiri oleh jamaah masjid sekitar diantaranya dari Sumberan dan Dayon. Pengajian disampaikan oleh M. Rifki, S.Ag dari Janten, Temon, Kulon Progo. Dalam tausyiahnya, M. Rifki menyampaikan tentang keutamaan (fadhilah) Ramadhan.

M. Rifki berharap agar Ummat Islam secara umum dan jamaah yang hadir khususnya untuk dapat menyambut ramadhan dengan mempersiapkan diri baik secara fisik maupun secara hati. Banyak pengertian dan motivasi yang disampaikan dalam kesempatan tersebut, yang pada intinya mengajak untuk memaksimalkan ramadhan dalam rangka taqqarub dan mendekatkan diri kepada Sang Maha.

Sementara itu, Iman, salah satu takmir Masjid Al Hikmah Toyan mengatakan bahwa secara fisik, masjid telah siap menyambut Bulan Suci Ramadhan 1433 Hijriyah ini baik dari ruang utama, tempat wudhu, tempat parkir. Penerangan jalan menuju masjid maupun penerangan di lingkungan masjid-pun telah siap.

Senada dengan hal tersebut, Sri Agung, Kepala Bidang Pendidikan Takmir mengatakan bahwa masjid telah siap menyambut ramadhan dan digunakan selama 1 (satu) bulan penuh. Lebih lanjut Agung menjelaskan bahwa, kegiatan selama ramadhan pun telah direncanakan dan disiapkan sejak awal. ”Banyak kegiatan yang akan dilaksanakan selama ramadhan, semoga semua bisa terlaksana dengan lancar”, jelas Agung.

Berharap, semoga dengan pengajian pra ramadhan yang telah dilaksanakan tersebut dapat menambah pengertian tentang keutamaan Ramadhan dan lebih semangat dalam menjalani ibadah selama ramadhan 1433 Hijriyah, tahun ini. *[adm]

Referensi : Sambut Ramadhan 1432H | Sambut Ramadhan 1433 H

Selengkapnya → Tausyiah Sambut Ramadhan 1433 Hijriyah

Rabu, 18 Juli 2012

Agenda Ahito Selama Ramadhan 1433 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Beberapa hari terakhir, Keluarga Besar Masjid Al Hikmah Toyan terus berbenah fisik. Bahkan tak jarang, pengerjaan persiapan dilakukan malam hari bakda Shalat Isya’. Hal ini dilakukan karena adanya kesibukan pribadi disiang harinya.

Sementara itu, untuk menindaklanjuti hal tersebut, Sabtu, 14 Juli 2012 dilakukan ceking terakhir. Kegiatan diagendakan dalam bentuk rapat Remaja Islam Masjid. Senin, 16 Juli 2012, admin, sudah memasuki minggu ketiga, yang artinya itu telah memasuki minggu ramadhan, sehingga persiapan juga harus sudah matang, kata Andi Yahya, Ketua Rismas Al Hikmah Toyan (Ahito).

Beberapa kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan menjelang dan selama Ramadhan diantaranya :
1. Pengajian Pra Ramadhan.
2. Shalat Tarawih dan Jamaah 5 Waktu.
3. Kuliah Tujuh Menit (Kultum Remaja).
4. Kajian Remaja menjelang buka puasa bersama masjid sekitar.
5. Buka puasa bersama Masjid Penyelenggara Shalat Ied Jembatan Timbang.
6. Tadabbur Quran dan Khataman.
7. Pengajian Nuzulul Quran.
8. Kupatan dan Takbiran.
9. Turnamen AHITO Badminton Ramadhan Cup.
10. Pengelolaan Zakat Infak dan Shodaqoh.
11. Syawalan dan Halal bil Halal.
12. On Air Radio Komunitas Suara Ramadhan 88,1 Mhz.
13. Pasar Ramadhan.

Kegiatan Pasar Ramadhan sendiri baru akan dilaksanakan pada tahun ini. Wildan salah satu penggagas kegiatan ini mengatakan bahwa pasar ramadhan bisa dilaksanakan pada setiap sore menjelang buka puasa selama ramadhan 1433 Hijriyah. Untuk tempat dapat mempergunakan pinggir jalan, selatan Kompleks masjid Al Hikmah Toyan.

Lebih lanjut Wildan berharap, bahwa pasar ramadhan perdana ini dapat menjadi awal yang baik, sehingga kedepan pasar serupa dapat dilaksanakan kembali. Selain dapat digunakan sebagai ajang silaturahmi, meramaikan sore ramadhan, pasat tersebut diharapkan juga dapat menjadi tambahan penghasilan bagi penjual yang ada dipasar tersebut.

Sementara itu, kegiatan AHITO Badminton Ramadhan Cup sendiri juga baru akan dilaksanakan untuk pertama kalinya. Guntur Tri Cahyo, Ketua Ahito Badminton Club yang juga Ketua Panitia penyelenggara mengatakan, bahwa kegiatan turnamen ini tidak hanya akan diikuti oleh Remaja Islam Masjid (Rismas) Ahito, namun akan mengundang beberapa Rismas Masjid Sekitar diantaranya Conegaran, Dayon, Sumberan Seworan dan Toyan.

Iman atau yang biasa dipanggil DJ OI mengatakan, Unit Kegiatan Masjid (UKM) Radio Komunitas Suara Ramadhan 88,1 MHz siap mendukung pelaksanaan turnamen tersebut. ”Kami siap membantu publikasi untuk lancar dan suksesnya kegiatan tersebut”, katanya. *[adm]

Referensi : Mubarrak 1433 H | RKSR

Selengkapnya → Agenda Ahito Selama Ramadhan 1433 Hijriyah

Rabu, 11 Juli 2012

Uji Coba Siar Radio Komunitas Suara Ramadhan 1433 H

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Tak hanya lingkungan masjid yang berbenah dalam rangka menyambut bulan mulia dan penuh berkah, Ramadhan. Radio Komunitas Suara Ramadhan (RKSR) 88 MHz pun mulai menggeliat dari tidur panjangnya.

Persiapan On Air 1433 Hijriyah, tahun ini nampaknya dipersiapkan lebih matang dari tahun sebelum-sebelumnya. Hal ini mengingat, Radio Komunitas Suara Ramadhan (RKSR) 88 MHz menjadi salah satu menu wajib, tidak hanya bagi Remaja Islam Masjid Al Hikmah Toyan, tapi sudah menjadi bagian dari sebagian besar Remaja Masjid di seputaran Wates Selatan.

“Tak komplit rasanya, kalo dalam setiap Ramadhan tidak ada On Air RKSR 88 MHz”, kata Iman S, Direktur Siar Radio Komunitas ini. Lebih lanjut Iman menjelaskan bahwa, ini adalah tahun ke-8 (delapan) On Air radio ini. Persiapan On Air sendiri sudah dimulai seminggu yang lalu, mulai hari Ahad, 01 Juli 2012 dini hari yaitu dengan pendirian antena dan persiapan perangkat siar.

Selama seminggu terakhir, sampai dengan Hari Selasa, 10 Juli 2012 ini terus dilakukan uji coba siar untuk menghasilkan output audio yang benar-benar nyaman ditelinga pendengar. Dari hasil uji coba yang dilaksanakan, nampaknya jangkauan siar On Air tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. “Ada kemajuan yang bagus dari jangkauan siar, lebih jernih dan lebih jauh pancarannya”, tandas Iman saat ditemui di Studio I Lantai II, disela Uji coba siaran, Sabtu, 7 Juli 2012.

Beberapa perangkat siar tambahan seperti headphone baru pun tampak telah dipersiapkan sebagai pendukung pelaksanaan uji coba siar. Sigit LB atau yang biasa disapa DJ Kriwil pun tampak sedang mempersiapkan Harddisk guna suksesnya On Air tahun ini. Sementara itu, Sri Agung, Manajer RKSR, menambahkan, bahwa diharapkan setelah 8 (delapan) tahun mengudara sejak Ramadhan 1425 Hijriyah/2005 tetap ada DJ wanita yang akan dapat lebih meramaikan suasana sebagaimana tahun kemarin.

Lebih lanjut, Iman (DJ OI) menjelaskan bahwa tahun ini ada beberapa program baru yang sengaja dipersiapkan untuk menambah semarak malam-malam selama ramadhan. “Acaranya masih rahasia, tunggu saja saat sudah On Air secara resmi, pada malam 1 ramadhan”, katanya tersenyum. Kita tunggu saja, On Air RKSR 1433 Hijriyah. *[adm]

Referensi : DJ Wanita | RKSR 1432 H

Selengkapnya → Uji Coba Siar Radio Komunitas Suara Ramadhan 1433 H

Senin, 09 Juli 2012

Persiapan Sambut Ramadhan Mubarrak 1433 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan/rapat yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada Jumat, 01 Juni 2012, beberapa hari terakhir, kompleks Masjid Al Hikmah Toyan tampak juga sibuk memoles diri.

Beberapa persiapan yang mendesak untuk dipersiapkan diantaranya, perbaikan talang (saluran air) yang telah keropos dan perlu mendapat perhatian agar tidak terjadi kendala apabila hujan turun dan persiapan pengecatan masjid. ”Setiap tahun, menjelang ramadhan, masjid pasti berbenah. Tak terkecuali pengecatan, walau sekedar poles sana dan sini untuk memperindah masjid”, kata Sri Agung, salah satu takmir masjid.

Sementara itu, melihat permasalahan terkait tempat wudhu, dimana pelaksanaan buka puasa (bukber) tahun lalu terkendala salah satunya kurangnya tempat wudhu, sehingga tahun ini agenda yang juga perlu dipersiapkan adalah pembenahan/penambahan 6 (enam) titik tempat wudhu yang dipasang disebelah timur tempat wudhu yang lama.

Sementara itu, terkait dengan persiapan anggaran untuk kegiatan Ramadhan 1433 Hijriyah, Remaja Islam Masjid (Rismas) Al Hikmah Toyan terus melakukan pencarian dana guna mendukung kegiatan dimaksud. Sedangkan untuk persiapan teknis lainnya selama beberapa hari terakhir juga terus diupayakan selesai diantaranya jadwal takjil, jadwal imam subuh dan taraweh dan persiapan administrasi lainnya.

”Rontek dan Spanduk akan di pasang minggu ke-tiga Bulan Juli menjelang Pengajian Pra Ramadhan yang akan dilaksanakan pada Hari Selasa, 17 Juli 2012”, lanjut Sri Agung mengakhiri pembicaraan. *[adm]

Referensi : Jelang Ramadhan 1432 H | Hadapi Ramadhan 1432 H

Selengkapnya → Persiapan Sambut Ramadhan Mubarrak 1433 Hijriyah